Selasa, 18 Oktober 2016

Humanity in Weasley Family

Ada yang masih ingat gimana cerita Harry Potter dulu? Buat lo yang nggak termasuk potterhead (pecinta Harry Potter), mungkin agak mengernyit ya waktu disinggung ulang nama Weasley. Emang siapa sih Weasley?


So, Weasley adalah keluarga penyihir, terdiri dari ayah dan ibu (hya iyalah yaaa) dan 7 anak mereka. Salah satunya adalah Ronald Weasley alias Ron, rekan paling setia kawan Harry yang seandainya sampai nggak ada di cerita sih.. sorry to the mighty Harry Potter, nggak akan Harry punya cerita hidup yang semenarik cerita hidup dia yang kita tahu, baik dari film saja, dari buku saja, atau dari keduanya.

Kalau lo pembaca buku Harry Potter, pasti tau kalau Weasley adalah salah satu keluarga penyihir terakhir yang berdarah murni (atau istilahnya pure blood).  Dan, di tulisan ini, beberapa (hanya beberapa, walau aslinya mah banyak!) sisi "manusiawi" Weasley family yang membuat gue yakin menjadi topik menarik kali ini.

Pertama, Weasley family itu tipikal keluarga besar dengan anak banyak, layaknya keluarga jadul yang punya banyak "anggota" sehingga meriah suasana rumahnya. Kemeriahan itu terasa terutama karena rumah mereka juga biasa saja. Nggak besar tapi juga nggak kecil: cukup menampung semua anaknya yang unik-unik itu.

Kedua, sederhana. Keluarga berdarah murni lainnya yang dikenal di dunia sihir adalah Malfoy. Yah lo tau lah siapa tokoh paling dikenal di Malfoy family ini: Draco. Long-time Harry's foe. Bedanya, kalau Malfoy dikenal dengan kekuasaan dan harta mereka, Weasley sebaliknya: sangat sederhana dan apa adanya.

Ketiga, keluarga Weasley itu sangat lucu. Nggak cuma karena dua dari tujuh anak mereka (si kembar konyol) Fred dan George, tapi juga karena bapak mereka yang hilarious. Mr. Weasley adalah tipikal bapak-bapak pegawai pemerintahan yang agak polos karena dunianya emang muter-muter di situ doang. Rumah - kantor - rumah - kantor. Yah..karena dia di departemen yang berhubungan dengan Muggles (manusia non penyihir -red), kadang-kadang juga ditugaskan menyelesaikan persoalan ini-itu jadi traveling juga ke tempat muggles nya. Yang bikin lucu adalah, karena sering berhubungan dengan Muggles, pak Weasley ini suka agak terobsesi dengan dunia muggles, termasuk barang-barangnya. Gue sampe ingat salah satu kalimat konyolnya ke Harry ini (karena Harry kan seluruh anggota keluarga Bibi nya termasuk Muggles): "Harry, apa sih sebenarnya fungsi Bebek Karet?" :D :D :D

Keempat, Mrs. Weasley yang benar-benar konvensional, alias tipikal ibu-ibu rempong. Dia selalu ngabsen anak-anaknya satu-satu kalo mau makan, suka berhemat, tapi juga murah hati dan sangat hangat ke teman-teman anaknya yang sudah akrab. Bu Weasley ini sayang banget dengan Harry, seperti ke anaknya sendiri. Kenapa ketauan sayang? Karena kalo meluk teh meuni eraaat kayak yang kangen banget ke anaknya sendiri. Terus, kalau lagi senang dia memuji, tapi kalo lagi rempong dan Harry menurut dia nggak melakukan hal yang semestinya, dia ikut ngomel. Reminds you of your Mom, huh?

Kelima, you should see how "rainbow" their children are. Bukan rainbow LGBT yah, tapi karakter ketujuh2nya itu sangat berwarna-warni. Ada yang punya passion ke naga, jadi seumur-umurnya ya meneliti, merawat, dan jadi pawang naga sedunia (sampe gak nikah-nikah beroooh!), ada yang berkarir seperti biasa sebagai Auror (semacam polisi di dunia sihir lah), ada yang putus sekolah dan buka toko mainan besar (Fred dan George nih!), ada yang jadi ibu rumah tangga biasa (Ginny!), ada yang berkarir jauuuuh ampe lupain bapak-ibunya (Percy Weasley), dan ada juga yang jadi pengusaha. Buka toko sementara istrinya sukses jadi Perdana Menteri! (nah..yang ini Ron). How "real" the family story is. Beragam karakter dan jalan hidup anak-anak dalam sebuah keluarga yang mungkin akan lo temui di banyak keluarga lainnya.

Again, keunikan keluarga ini yang akhirnya membuat lo yang baca buku Harry Potter, nonton filmnya, atau keduanya, cinta setengah mati. Semua yang unik itu sangat menarik. Tapi, di cerita Harry Potter, fungsi Weasley Family jauh dari sekedar mempermanis cerita. Mereka ada justru sebagai latar utama yang membuat alur fiksi Harry Potter terasa lebih hidup dan nyata. Mungkin karena, seperti yang udah gue katakan di atas, Weasley Family itu gambaran realistis dari keluarga biasa, yang karakternya mungkin bisa lo temui di lingkungan terdekat lo juga.

Yang mana karakter keluarga Weasley favorit lo? Gue sih justru si Weasley yang paling biasa: Ronald Weasley (Ron). Haha!

Tidak ada komentar: