Selasa, 31 Mei 2016

Tentang ojek (bagian 3)

Setelah lama banget gue bermalas-malasan dengan meninggalkan hobi ngeblog gue, akhirnya ada juga masa-masa gue nggak bisa lagi ngeles karena memang saat ini alhamdulillah sedang banyak banget waktu luang! Kata agama gue, dua diantara nikmat manusia yang sering tidak disadari adalah waktu luang dan kesehatan. So, here I am, mensyukuri nikmat yang enaaaak ini dengan mewujudkan tulisan bagian akhir tentang ojek yang lama terbengkalai. Berangkat, bang!

Balik ke soal ojek pangkalan yang jadi langganan gue terakhir, nasib Bambang yang tampak “butuh-gak-butuh” dengan gue ini bikin gue fix banget beralih ke ojek online yang kini bisa mudah gue temuin di sekitar Bogor sejak akhir tahun lalu. Kenapa ojek online? Ya, jujur aja sih. Selain harga mereka relatif lebih murah, kualitas pengemudi dan keamanannya juga jauuuuh lebih terjamin.Padahal sih gue sebenernya somehow kangen dengan "manusiawi"nya si Bambang. Kenapa manusiawi? Doi itu fleksibel banget kalo nungguin gue. Rekor termalam adalah waktu gue minta ditungguin pulang dari bandung, dini hari, lewat dari jam 12. Cadas, kan? Apalagi doi doyan curhat. Curhat..melulu tentang apa aja. Gue jadi nggak ngantuk dibonceng karena curhatan dia yang topiknya beragam, dari mulai mantan pacar, anak abege dia, persoalan di pabrik tempat dia kerja, komplit! Percaya deh. Kalo jadi gue, lo juga pasti bakal suka ama ni orang. :))

Bicara soal ojek online, gue juga rutin menggunakan jasa mereka ketika tiba di stasiun tujuan (di Jakarta) menuju kantor. Apalagi waktu bulan puasa tahun lalu, dan nasib keuangan gue lagi miris-mirisnya sementara tempat kerja gue tepat di jantung kemacetan Jakarta. Casablanca! Nyerah banget deh gue sama kemacetan sepanjang tebet-casablanca. Kayaknya setiap orang yang terjebak di kemacetan area itu, sisi setan-nya akan keluar. Kenapa? Karena pertama-tama mereka akan mengumpat karena kesal. Selanjutnya, karena udah mengumpat juga masih tetap terjebak macet, mereka mulai marah-marah sendiri. Udah marah-marah sendiri di balik kaca helm atau dalam mobil masing-masing, eh ternyata kendaraan mereka masih aja bergerak 5 km/jam. Pelannya kayak kecepatan anak balita turun dari tempat tidur pas dipaksa bangun untuk sekolah. Gue cukup mencoba ngerasain jenis kemacetan setan itu dengan angkot, 2x, dan nyerah. Jadi, apa dong solusinya? Ojek!
Dengan terpaksa, gue harus sebutin brand ojek online di tulisan ini (duh, bayar gue kek Grab! T_T). Pengalaman pertama gue gunain jasa ojek online tuh ya dengan GrabBike. Sebelum berganti jadi hanya “Grab”, dulu memang nama jasa transportasi online ini adalah GrabBike. GrabBike ini tau-tau datang ke Indonesia waktu Gojek lagi heboh-hebohnya (Gojek sekaligus juga dikenal cukup mahal waktu itu). Setelah sukses dengan Grab Taxi (padahal layanan ini kurang populer sekarang. Tergilas sama Uber yang jauh lebih canggih sistemnya), Grab Bike coba menarik penumpang Jakarta dan sekitarnya dengan tarif angkot. Gimana gak mau “angkot”, Cuma 5000, man! Who wouldn’t be happy with such a really low price?

Singkatnya, Grab Bike lalu jadi angkutan wajib gue selama bulan puasa dan seterusnya selama kerja di sekitar Kuningan dan mau nggak mau lewatin Casablanca setiap harinya. 5000 perak setiap pagi dan malam, jago nembus kemacetan, dan otomatis mempersingkat waktu perjalanan yang kalau dengan angkot/mobil pribadi 4 km (Stasiun Tebet-Jalan Prof Dr.Satrio) bisa 45 menit, cukup ditempuh lebih kurang 15 menit dengan Grab Bike. Bo’ong deh kalo gue bilang gue nggak happy dengan sistem transportasi macam itu.

Nah, untuk perjalanan pulang dari stasiun Cilebut ke rumah, karena gak ada Bambang, gue terpaksa menendang jauh-jauh pilihan ojek pangkalan yang suka songong itu (ya iyalah, udah suka nembak tarif, bau, nggak aman, nggak ramah, nggak banget!). Awalnya hanya ada Gojek di sekitar stasiun tersebut. Dan, lucunya mereka dulu akur-akur aja dengan ojek pangkalan. Sampai, datanglah Grab. Gue nggak tau ya siapa yang mulai making o-pang (ojek pangkalan) annoyed. Tapi akhirnya ojek online ini, baik Gojek maupun Grab sama-sama dimusuhin di sekitar Cilebut, dan setau gue juga di seluruh Bogor. Efeknya? Agak susah “ketemuan” dengan mereka, baik Gojek maupun Grab karena suka minta bertemu jauh dari spot opang yang benar-benar strategis, tepat di 2 pintu keluar stasiun. But, who cares? Pun ketika Grab sempat menaikkan tarif beberapa waktu lalu, yang awalnya cuma 10.000 untuk sekitar 2-3 km, terus jadi 16.000 dengan jarak yang sama, gue tetap order mereka. Untuk kenyamanan dan rasa aman, selalu ada harga yang harus lo bayar kan?

Sampai sekarang pun, gue nyaris selalu gunakan ojek online untuk kemanapun, baik saat di Jakarta maupun di Bogor, dan gue relatif lebih sedikit gunakan ojek konvensional meski udah punya langganan opang dekat rumah. Alternatif transportasi berupa ojek online gue rasa cocok banget dengan gue yang sampe saat ini nggak mau beli kendaraan sendiri karena malas belajar mengendarainya. Hahah! Option ojek online juga membuat gue membuang pilihan transportasi lain seperti Kopaja dan Busway, meski busway itu dingin dan murahnya juga setan. Bus biasa masih digunakan tapi..paling kalo keluar kota aja. Hehehehehe!

Kalo ketemu bosnya Gojek yang ganteng itu (Nadiem Makarim), pengen gue peluk erat-erat (kayak Elska meluk boneka Teddy Bear 50cm-nya) sambil bilang “Thank you is not enough. You’re my heeeeeroooooo, maaaaan. By the way, do you have more promo codes I can use?” :p Hahahahah!


(Image source; linkis(dot)com)

Tidak ada komentar: