Selasa, 10 Mei 2011

lapor bos, bu kancil gak bisa curi ketimun!


pernah ketemu rekan di tempat kerja yang gak bisa diprediksi (baca: lain di mulut lain di hati)?. yah, tadinya manusia semacam itu cuma saya baca di majalah. ada banyak tips untuk menghindar, mengatasi, atau bahkan membasmi serangga kantor macam begini. itu cuma teori. prakteknya? wow..susah sekali. apalagi kalau anda termasuk tipe sensitif yang sedikit-sedikit dibawa ke perasaan seperti saya ini. padahal saya sudah tahu, orang itu tidak pakai perasaan. jadi, kenapa saya harus pakai perasaan?

sebelum saya cerita, mari kita kenali dulu tokoh-tokoh utama cerita ini.
1. Bu Kancil: ibu guru yang mengajar kelas semut sampai gajah di negeri jerapah
2. Pak Burhan (burung hantu). pemilik ladang, empunya kebun,persawahan, peternakan.
3. Kuda Nil: penghuni kolam lumpur sebelah, yang kerjanya lirak lirik kebun Pak Burhan dan nguap lebar melulu. karena cuma itu yang dia bisa

Alkisah, di sebuah negeri jerapah, hiduplah Bu Kancil yang hobinya ngemil, Pak Burhan yang kerjanya memantau dan terbang sana-sini, dan kuda nil, penghuni kolam lumpur pak burhan.
di tengah hari bolong, pas Bu Kancil lagi asik-asiknya menyantap makan siang, datangnya Pak Burhan, yang kali nongol tanpa terbang.

Pak Burhan: Bu..Bu... saya dapet laporan dari Kuda Nil, katanya Bu Kancil gak bisa melompat ya?

Bu Kancil: *bingung* hah? Bapak minta saya melompat? saya bisa kok, nih saya tunjukin (bersiap gerakan melompat). lagian saya nggak bisanya dulu, sebulan lalu. sekarang mah udah, bapak...

Pak Burhan: Bukan itu maksud saya... ehm.. ada buku gak.. buku...?

Bu Kancil: *masih bingung* hah? kertas aja nih, ada.

Dalam hatinya, Bu Kancil mikir, kalo cuma ngejelasin sesuatu, mestinya gak harus pake buku dong... apalagi buku cetak. Cukup kertas dan bolpoin. Walaupun ngejelasin pake kertas dan bolpoin itu, menurut Bu Kancil adalah sejenis cara berkomunikasi yang gak jauh-jauh dari Tarzan yang masih belum jinak lagi ngomong sama Jane untuk pertama kalinya. Balik lagi ke cerita, eh ternyata jawaban Pak Burhan malah...

Pak Burhan: bukan... ambil aja 1 buku cara melompat. nah.. nah.. yang itu. ambil sini.

Bu Kancil pun ngasih buku yang diminta. Lalu, Pak Burhan membuka sebuah bab.

Pak Burhan: Jadi.... kalo kamu udah selesai baca bab1, kamu lanjut lagi baca bab2.

Dalam hati Bu Kancil menggerutu. 'yaelah bos... anak orok juga tau kaleeee.'

Pak Burhan: Nah, kalo sampe Bab 2 kamu harusnya udah ngerti cara melompat.

Bu Kancil ngangguk-ngangguk sambil bilang "iya..iya."

Pak Burhan: Jadi kamu udah ngerti ya?
Gubrak!

Bu Kancil: *hell yeah!* iya bos! kan saya udah bilang, dari sebulan lalu juga udah ngerti.

Pak Burhan: ya udah kalo gitu.
Dan dia pun ngeloyor pergi.

Baru beberapa detik Pak Burung Hantu keluar, dia masuk ke kandang Bu Kancil lagi.

Pak Burhan: Eh, tadi kamu bilang, udah berapa lama tahu?

Bu Kancil: sebulan bos, sebulan.... *nahan sabar sama nahan nafsu. persis kayak bulan puasa*
Dan bos Burhan pun pergi lagi.

Tinggallah Bu Kancil yang ternganga-nganga. nyaris nggak percaya apa yang baru aja didengarnya. Kancil dituduh gak bisa lompat?? sama aja kayak curiga kuda gak bisa lari dan ikan gak bisa berenang, ya?

sungguh kecurigaan yang aneh. Bu Kancil gak nyalahin pak burhan. secara dia cuma memproses laporan. tapi Bu kancil jelas keganggu sama berat badan, eh, tingkah Kuda Nil yang kurang kerjaan. rese minta ampun. bisaaaa aja nyari-nyari kesalahan orang, eh, Kancil.

gak berapa lam, Bu Kancil keluar kandang. Nyari minum. eh, pucuk dicinta, petaka pun tiba, berapapasan lah Bu Kancil dengan Kuda Nil di ambang pintu dapur. Kuda Nil yang berbadan penuh, pasti selalu menghalagi jalan, kao berani-berani berdiri di tengah pintu. dengan sedikit salah tingkah, Bu Kancil ke kanan. Eh, Kuda Nil ikut ke kanan. Terus, dia yang ke kiri, Bu Kancil malah ikut ke kiri. salah tingkah, Kuda Nil balik ke kanan. EH...Bu Kancil ikut ke kanan. Walhasil, gak ada satu pun yang berhasil masuk maupun keluar. tak disangka tak dinyana, keluar juga kta-kata Kuda Nil.

Kuda NIl: Eh! hahahaha! *lucu sendiri karena gw gak merasa itu cukup lucu buat diketawain*

Pas akhirnya Bu Kancil berhasil masuk ke dapur, tanpa buang-buang waktu lagi, gue Huweeek! Tenang aja. Cuma muntahan pikiran, kok. Nggak beneran muntah ngeluarin makanan. Bu Kancil cuma terlalu eneg aja sama Kuda Nil itu.

Jadi lucu aja. Begini toh, rasanya ditusuk dari belakang. sama orang yang bisa pasang tampang super manis tapi bawa belati tajam di belakang.

Saya sendiri gak pernah ngalamin kayak gini sebelumnya. Tapi sekalinya ngalamin... wow rasanya dahsyat. dan secara pribadi, saya gak pernah bisa pasang tampang jutek sama orang yang penyayang, begitupun gak bisa cengar-cengir di depan  orang nyebelin.

Tidak ada komentar: